Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penggunaan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB melalui tutor sebaya dan media pembelajaran kartu bilangan kelas VI sekolah dasar

Sukarni Sukarni

Abstract

The purpose of this study is to improve student learning outcomes in the material of
using prime factors to determine the KPK and FPB through peer tutors and learning media for
class VI number cards at SD Negeri Beji 02 for the 2018/2019 academic year. This type of
research is classroom action research. The subjects in this study were grade VI students of SD
Negeri Beji 02, Ungaran Timur District, Semarang Regency, for the 2018/2019 academic year,
totaling 33 children consisting of 20 boys and 13 girls. This research uses test data collection
techniques. Data were analyzed quantitatively using proportions, by determining the
percentage of data achievement between before and after the action was given. Learning
mathematics using the right method can improve student learning outcomes on the KPK and
FPB material. This is evidenced by the increase in student scores from the pre-cycle, Cycle I,
and Cycle II. After improving the learning cycle II, the students who completed reached 32
students and the class average increased to 83.94.

Keywords

learning outcomes; peer tutoring; number cards; elementary school

Full Text:

PDF

References

G Muhsetyo, dkk 2011 Pembelajaran Matematika SD (Jakarta: Universitas. Terbuka) [2] Karso, dkk 2011 Pendidikan Matematika I (Jakarta: Universitas Terbuka) [3] Soeprodjo, dkk 2008 Komparasi Hasil Belajar Dengan Metode Tutor Sebaya dan Team Work Learning dalam Pembelajaran Kimia Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia [4] S B Djamarah, dkk 2013 Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta) [5] M Yamin 2007 Kiat Membelajarkan Siswa (Jakarta: Gaung) [6] A Azhar 2015 Media Pembelajaran (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada) [7] I Falahudin, Iwan 2014 Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Jurnal Lingkar Widyaiswara [8] N Mahnun 2012 Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) UIN Suska Riau: Jurnal Pemikiran Islam GrafindoPersada [9] L L El Maknun 2010 Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Siswa Kelas VI SD Negeri Setonorejo 2 Kecamatan Kras Dalam Menentukan KPK dan FPB. [10] A Sumarmo, I Lantara & A Wibowo 2016 Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Merden Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha). [11] I W Sutama & S Sugiharti 2010 Penggunaan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN Susukanrejo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan/Sodikin. Penggunaan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN Susukanrejo I Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan/Sodikin. [12] M Hidayat 2020 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Pada Pokok Bahasan Perkalian Dengan Metode Permainan Kartu Bilangan (PTK di Kelas III Al-Battani MIN 1 Kota Cilegon, Kecamatan Pulomerak) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN). [13] C Nuredi 2013 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Teknik Bermain Menggunakan Kartu “Bilangan Kubik-Akar Pangkat Tiga” Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Progress, 1(1). [14] W Iswanti 2018 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). [15] E P Putra 2011 Penggunaan permainan kartu bilangan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar penjumlahan bilangan dua angka pada siswa kelas I SDN Turupinggir II Megaluh Jombang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.