Analisis kesulitan belajar melalui pembelajaran daring di kelas IV sekolah dasar

Santika Murni Saputri, Rukayah Rukayah, Matsuri Matsuri

Abstract

Santika Murni Saputri. Analisis kesulitan belajar melalui pembelajaran daring di kelas iv sdn tawengan kecamatan teras kabupaten boyolali tahun ajaran 2020/2021. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta, Jawa Tengah, 57146, Indonesia. santikamurni22@gmail.com

Mengetahui kesulitan belajar melalui pembelajaran daring di Kelas IV SDN Tawengan Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Bertempat di SD Negeri Tawengan, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Sumber data yang di gunakan ialah informan atau narasumber, peristiwa dan arsip. Teknik yang di gunakan dalam mengumpulkan data memanfaatkan metode observasi, metode dokumentasi, metode angket dan metode wawancara. Teknik analisis data yang di gunakan ialah analisis kualitatif.

Berdasarkan penelitian melalui wawancara observasi dan survei, ia mengatakan pembelajaran daring ialah pembelajaran secara langsung tanpa tatap muka, memanfaat kan media sosial dalam berbagi informasi dan interaksi antara guru dan siswa dengan mengandalkan jaringan internet dan memanfaat kan aplikasi WhatsApp. Kesulitan yang dialami siswa ialah siswa atau orang tuan yang belum memiliki fasilitas handphone dengan kualifikasi android, kesulitan dalam menyerap serta mengolah materi yang diperoleh dari guru melalui media online atau perbedaan tingkat pemahaman siswa dengan orang tua. ' kurangnya pemahaman, oleh karena itu, mereka tak bisa mengajar siswa mereka. Dan, jaringan internetnya kurang stabil.

Kata kunci: Pembelajaran daring, kesulitan belajar.

 

Keywords

Study From Home, The Difficulty of Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.