Meningkatkan pemahaman konsep materi ipa gaya dan gerak melalui metode eksperimen dengan berbantukan media realia pada peserta didik kelas iv sekolah dasar

Pratiwi Puspita Rini, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, Siti Wahyuningsih

Abstract

This research aims to improve understanding of the scient concepts in science subject in the fourth grade studens of Munggung II Elementary School in 2018/2019 academic year by applying experimental methods to realistic media statement. This research consisted of two cycles, each cycle includes two learnings. Subject and data source in this reaserch were teacher and student of fourt grade Munggung II Elementary School. Interviews, observations, tests, and document analysis is this research datas collection. The data analysys techniques used are comparative descriptive and interactive and huberman. The data validity used source triangulation and methods triangulation. Classical completeness of students in initial condition was 16,67%,and in first cycle showed 50%. then in second cycle showed 88,89%.

Keywords

experimental methods, realian media, understanding concep, elementary school

Full Text:

PDF

References

Trianto 2010 Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP (Jakarta: Bumi Aksara)

S Nana 2014 Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Sinar Baru Algensindo)

S Arikuntto 2015 Penelitian Tindakan Kelas in Edisi Revisi (Jakarta: Bumi Aksara)

A Susanto 2015 Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (Jakarta: Prenadamedia Group)

C Leslie 2016 Anderson and Krathwohl Bloom ’ s Taxonomy Revised

Lathifah 2019 Peningkatan Pemahaman Konsep makna Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 7(5) 1-5

R Said 2012 Peningkatan Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana melalui Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA

N P Widiawati 2015 Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran IPA pada kelas IV di Gugus II Kecamatan Banjarsari e-journal PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, 3(1) 12–14

D Suarni 2014 Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Sifat Cahaya Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Balukang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa J. Kreat. Tadulako 4(1) 170–182

A W Wisudawati and E Sulistyowati 2017 Metodelogi Pembelajaran IPA Ketiga (Jakarta: PT Bumi Aksara)

S B Djamarah and Z Azwan 2010 Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta)

Roestiyah 2012 Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT Rineka Cipta)

F A Widorusmi, St Y Slamet and J Daryanto 2020 Studi komparasi model pembelajaran scramble dan concept sentence terhadap keterampilan menulis rangkuman ditinjau dari motivasi belajar (penelitian eksperimen pada peserta didik kelas v semester 2 SD Negeri di Kecamatan Laweyan tahun ajaran 2019/2020) J. Ilm. Pendidik 6(4) 1-6

S B Djamarah 2006 Strategi Belajar Mengajar Revisi (Jakarta: PT Rineka Cipta)

H A Sanaky 2011 Media Pembelajaran (Yogjakarta: Kaukaba)

W Sanjaya 2013 Penelitian Pendidikan Jenis,Metode, dan Prosedur (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

R S Sukmadinata and N Ibrahim 2003 Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta)

M N Arifin 2019 Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar dengan Menggunakan Media Realia J. Ilm. Pendidik 5(2) 1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.