Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Tali pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Y Warsiyanti

Abstract

Hasil belajar lompat jauh siswa  saat  ini  masih  belum  memenuhi  KKM.  Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan  proses  peningkatan  hasil  belajar lompat  jauh melalui pendekatan bermain lompat tali pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Katekan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan  penelitian  tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Katekan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten dengan jumlah total 20 siswa.  Instrumen  yang  digunakan  yaitu tes unjuk kerja  lompat  jauh. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan hasil lompat jauh melalui bermain lompat tali pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Katekan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten telah berhasil ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 55,94 dengan persentase ketuntasan sebesar 40%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu menjadi sebesar 65,63 dan persentase ketuntasan sebesar 60%. Namun, peningkatan tersebut masih belum  mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata lompat jauh siswa kembali mengalami peningkatan menjadi sebesar 70,50 dengan persentase ketuntasan sebesar 90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada  siklus  II.  Proses pembelajaran lompat jauh menggunakan pendekatan bermain berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan teknik lompat jauh dan saling diskusi dengan teman. Seluruh aspek penilaian dikuasai peserta didik. Kemampuan lompat jauh peserta didik meningkat dengan ditandai dengan seluruh peserta  didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 67.

Keywords

peningkatan, hasil belajar, lompat jauh, bermain

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.