Pemerolehan Bahasa dan Penggunaan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar

Tri Mahajani, Ruyatul Hilal Muhtar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang pemerolehan dan penggunaan bahasa pada anak usia sekolah dasar dalam komunikasi sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode longitudinal case studi atau studi kasus longitudinal dan metode deskriptif, sedangkan teknik penelitian menggunakan teknik analitik isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerolehan dan penggunaan bahasa pada anak usia sekolah dasar terdapat pemerolehan bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, Inggris. Penggunaan bahasa sebagai sebuah sistem, sebagai ungkapan personal, dan interpersonal sudah cukup baik dan sudah dapat menggunakan dalam struktur yang tepat, meskipun masih juga ditemukan kesalahan struktur dan makna pada penggunaan bahasanya. Pada anak usia sekolah dasar pemerolehan bahasa  dan penggunaan bahasanya masih terus berkembang untuk mencapai kesempurnaan. Orang tua, guru, dan orang di lingkungan sekitarnya sangat berperan dalam membimbing dan selalu memberi masukan untuk mencapai kesempurnaan dalam pemerolehan dan penggunaan bahasanya.

Keywords

Pemerolehan bahasa, Penggunaan bahasa, Language Acquisition Device.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.