Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Anak dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Sutarti Sutarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca puisi anak dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggulan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Nanggulan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa, terdiri dari 3 siswa laki laki dan 14 siwa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan tiga siklus secara berkelanjutan. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk mengetahui efektifitas tindakan. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, berdasarkan pengamatan terhadap kinerja guru diperoleh hasil skor rata-rata kinerja guru mengalami peningkatan dari pembelajaran Siklus I sebesar 1,3 pembelajaran Siklus II menjadi 2,3, dan pada pembelajaran Siklus III 2,7. Dengan kriteria skor batas cukup adalah skor 2 dan skor 3 adalah baik; Kedua, berdasarkan data aktivitas siswa selama tiga siklus, skor rata-rata tentang aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pembelajaran Siklus I sebesar 1,2 pembelajaran Siklus II menjadi 2,0 dan pada pembelajaran Siklus III menjadi 2,8; Ketiga, berdasarkan hasil penilaian membaca puisi anak dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, diperoleh rata-rata nilai hasil tes dan tugas mengalami peningkatan dari pembelajaran Siklus I sebesar 70,89 pembelajaran Siklus II menjadi 75,59 dan pada pembelajaran Siklus III menjadi 79,71. Peningkatan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar pembelajaran siklus I sebesar 41,18 %, pembelajaran Siklus II menjadi 58,82 %, dan pada pembelajaran Siklus III mencapai 82,35%. Dengan demikian melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning kemampuan membaca puisi anak pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Nanggulan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten semester I tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkat.

 

Keywords

membaca puisi anak, contextual teaching and learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.