Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Partini Partini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapkan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas V SD Negeri 1 Mlese Kabupaten Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Subyek penelitian terdiri dari 18 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yakni dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa  adalah  dengan tes  kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian  ini mengikuti  prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu:  (1)  perencanaan,  (2)  pelaksanaan  tindakan,  (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Mlese Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten dengan menggunakan metode drill menunjukan hasil yang maksimal, dimana pada pada siklus I tingkat ketuntasan aktifitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran baru mencapai 72,72% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%, untuk data ketuntasan belajar siswa 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%, hal ini telah melebihi standar yang didasarkan kriteria ketuntasan minimal yakni 85%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I baru mencapai 66,67% meningkat pada siklus II menjadi 94,44% atau telah mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh sekolah yakni 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode  drill  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  passing bawah bola voli  siswa  kelas  V SD Negeri 1 Mlese  Kecamatan Gantiwarno Kabupaten  Klaten semester I tahun pelajaran 2018/2019.

Keywords

metode drill, hasil belajar passing bawah, permainan bola voli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.