Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Tubuh Sehat melalui Metode Pembelajaran Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas I Semester 1 SDN Ngiyono Tahun Pelajaran 2016/2017)

Mashadi Mashadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas I semester 1 pada materi Tubuh Sehat di SD Negeri Ngiyono melalui metode pembelajaran Jigsaw tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas I yang berjumlah 18 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas I . Hal ini ditunjukkan dari pra siklus rata-rata nilai aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah 70,55 oleh 7 peserta didik. Pada siklus I rata-rata nilai aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah 78,80 oleh 11 peserta didik sedangkan pada siklus II rata-rata nilai hasil aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah 86,67 oleh 16 peserta didik dari 18 peserta didik. Aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi Tubuh Sehat di kelas I semester 1 meningkat dengan penerapan metode pembelajaran Jigsaw dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sebesar 75%.

Keywords

metode Pembelajaran Jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar IPA, materi Tubuh Sehat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.