Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Oka Tamaraningtyas, Lies Lestari, Riyadi Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media flashcard pada siswa kelas II salah satu SD di Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan 31 siswa kelas II  salah satu SD di Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas II salah satu SD di Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Keywords

model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), keterampilan berhitung, perkalian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.