Peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran ips melalui penerapan model pembelajaran guided note taking pada peserta didik kelas iv sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suharjo 2006 Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional)
N Sumaatmadja 2008 Materi Pokok Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (Jakarta: Karunika
Universitas Terbuka)
E Kyndt, D Gijbels, I Grosemans & V Donche 2016 Teachers’ everyday professional
development: Mapping informal learning activities, antecedents, and learning outcomes Review
of Educational Research 86(4) 1111-1150
N Sudjana 2010 Dasar-dasar Proses Belajar (Bandung: Sinar Baru)
A N Pour, L Herayanti & B A Sukroyanti 2018 Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick
terhadap Keaktifan Belajar Peserta didik. e-Saintika 2(1) 36-40
Sunarsih 2019 Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pengurangan dengan
Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas 1 Semester II Sekolah Dasar JPI (Jurnal
Pendidik. Indones. J. Ilm.Pendidik5(3) 145-152
I M Tegeh & N L A Pratiwi 2019 Hubungan antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar
dengan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD J. IKA 17(2) 150-170
C Suhartini 2019 Peningkatan Prestasi Belajar PKn melalui Metode Kooperatif Pada Siswa SD
JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm.Pendidik 5(3) 96-101
D Aprianti 2017 Penerapan Model Guide Note Taking (GNT) dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Pendidikan Kewaganegaraan di MIN Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah Al-
Bahtsu: J. Penelitian Pendidikan Islam 2(1) 43-49
A Setiawan, K Prasetyo & M T Yani (2018, December). The Influence of “Problem-Posing”
Learning Model To Activities and Learning Outcomes In Elementary School In 2nd
International Conference on Education Innovation (ICEI 2018) Atlantis Press
M N Azis, M Chamdani & M Salimi 2016 Penggunaan Metode Guided Note Taking dalam
Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Perjuangan Masa Kemerdekaan Pada Peserta didik Kelas
V SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 Kalam Cendikia 4(5) 608-614
S Suwadi 2018 Peningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar melalui Penerapan Strategi
Pembelajaran Guided Note Taking Bervariasi pada Mata Pelajaran PKn J. Komunikasi
Pendidikan 1(1) 100-111
A Faridah 2017 Model Guided Note Taking dengan Metode Drill terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Delta: J. Ilmiah Pendidikan Matematika 3(2) 32-40
F Fatimah 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Tipe Guided Note Taking
(Catatan Terbimbing) dengan Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar
Peserta didik pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MA DDI AT-Taufiq Padaelo
Kabupaten Barru Disertasi tidak dipublikasikan UIN Alauddin Makassar
D Samitra, Y Krisnawati & N Malasari 2018 Pengaruh Model Guided Note Taking terhadap
Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Lubuklinggau
BIOEDUSAINS: J. Pendidikan Biologi Dan Sains 1(1) 1-10
S Arikunto 2013 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: PT Bumi Aksara)
M B Miles and A M Huberman 1994 Qualitative Data Analysis (London: Sage Publications)
Y C Chen, B Hand & L E A H McDowell 2013 The effects of writing‐to‐learn activities on
elementary students’ conceptual understanding: Learning about force and motion through
writing to older peers Science Education 97(5) 745-771
E Y Puspasari 2017 Action research: Enhancing Classroom Practice and Fulfilling Learning
Responsibilities with Guided Note Taking (GNT) and Teams Games Tournament (TGT) Models
Classroom Action Research Journal (CARJO) 1(1) 36-42
A Andriani 2018 Penerapan Teknik Guided Note Taking dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Teks Drama Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 13(2) 88-102
I M Astra, E Budi & C Evita 2020 The effects of active learning model guided note taking on
student’s critical thinking ability in high school Journal of Physics: Conference Series 1521
A Fauzi 2017 The Effectiveness of Guided Note Taking Method to Improve Students’writing
Skill in Narrative Text (Quasi Experimental Research at Tenth Grade Students of SMK Palebon
Semarang in Academic Year 2016/2017) Disertasi tidak dipublikasikan UNISULLA
N Puspitasari 2019 Efektivitas Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Terhadap Aktivitas
Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMA
Negeri 1 Ciomas) Disertasi tidak dipublikasikan UIN SMH Banten
U Shoimatun & A Fathoni 2019 Penerapan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan
Minat dan Keaktifan Belajar IPA pada Peserta didik Kelas IV SD Negeri 01 Denggungan
Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018 Disertasi tidak dipublikasikan Universitas
Muhammadiyah Surakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.