Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kondisi Geografis di Indonesia pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Jois Ayu Arti Dewi, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, Siti Wahyuningsih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman tentang model statistik di Indonesia melalui membuat model yang cocok. Tujuan penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Negeri Tunggulsari II Surakarta pada tahun 2019. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama dua siklus. Secara total, sekolah ini memiliki 32 siswa di kelas 5. Teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Siklus pertama menghasilkan persentase 40,63% secara klasikal, dan penelitian menghasilkan siklus kedua dengan persentase 81,26% secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian,

Keywords

understanding concept, Indonesian geography condition, make a match, elementary school

Refbacks

  • There are currently no refbacks.