Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6

Kunthi Ratna Kawuri, Rini Budiharti, Ahmad Fauzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan pendekatan Computational Thinking pada materi Usaha dan Energi . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, dan model kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 siswa, dan objek penelitian adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Indikator kemampuan berpikir kritis yang diteliti adalah, 1)menganalisis tujuan dari setiap permasalahan , 2)mengungkapkan permasalahan pada suatu kasus, 3) mengumpulkan, menggunakan atau memuat informasi yang cukup kredibel dan relevan , 4)mengidentifikasi sudut pandang atau pendapat , 5)mengungkapkan asumsi atau pendapat, 6) menyelesaikan dan menggunakan konsep yang relevan , 7) menyimpulkan data berdasarkan data eksperiment atau data nyata, 8) mengindentifikasi implikasi dan konsekuensi yang paling signifikan dari suatu permasalahan. Indikator ketercapaian yaitu minimal skor 75 dengan peningkatan kategori sedang. Data penelitian diperoleh dari hasil tes, angket dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, dapat disumpulkan bahwa penerapan Computational Thinking dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut dilihat dari Siklus 1 yang menunjukan bahwa dari 8 indikator kemampuan berpikir kritis masih terdapat satu indikator kemampuan berpikir kritis yang belum mencapai target, sedangkan pada siklus II semua indikator berhasil mencapat target yaitu capaian siswa minimal skor 75 dengan peningkatan kategori sedang.

Keywords

computational thinking; berpikir kritis

References

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Computer Science Teachers Association (CSTA) and the International Society for Technology in Education (ISTE).(2011).Computational Thinking: Teacher Resources second edition the National Science Foundation.

Kulles, Bill.(2016). Computational Thinking is Critical Thinking: Connecting to University Discourse, Goals, and Learning Outcomes Copenhagen(online). https://www.asist.org/files/meetings/am16/proc eedings/submissions/posters/12poster.pdf . Diakses tanggal 12 Desember 2017.

Papert, S. (1980). Mindstorms: Children, Computers, and Powerful Ideas. New York, NY,USA: Basic Books, Inc.

Paul, R. (1993). The Logic of Creative and Critical Thinking. American Behavioral Scientist, 37(1), 21-39. doi:10.1177/0002764293037001004.

Paul, R., & Elder, L. (2005). A guide for educators to critical thinking competency standards: Standards, principles, performance indicators, and outcomes with a critical thinking master rubric. Foundation for CriticThinking. Retrieved from http://www.criticalthinking.org/

Voskoglou, Micheal Gr, Sheryl Buckley.(2012). Problem Solving and Computer in a Learning Envirolment. Egyptian Computer Science Journal.Vol.36(4), hal.28-46.

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking.Communications of the ACM. Vol.49(3), hal. 33–35.

Wing, J. M. (2008). Computational Thinking and thinking about computing. Philosophical Transaction of the Royal Society , 366, 3717- 3725.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.