Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TGT Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Aktivitas Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016

Kiflaini Fitri Lestari, Sukarmin Sukarmin, Dwi Teguh Rahardjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidak ada perbedaan pengaruh antara penerapan model kooperatif tipe TGT melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi fluida statis, (2) ada atau tidak ada perbedaan pengaruh antara aktivitas belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi fluida statis, (3) ada atau tidak ada interaksi pengaruh antara penerapan model kooperatif tipe TGT melalui metode eksperimen dan demonstrasi dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi fluida statis. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Mesin B berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mesin A berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, tes, dan observasi. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan isi sel tak sama dengan taraf signifikansi 5 %. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan model kooperatif tipe TGT melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMK Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 pada materi fluida statis (Fobs=26,26 > Ftabel= 3,99), (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMK Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 pada materi fluida statis (Fobs=386,2817 > Ftabel=6,28), (3) tidak ada interaksi pengaruh antara penerapan model kooperatif tipe TGT melalui metode eksperimen dan demonstrasi dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X SMK Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 pada materi fluida statis (Fobs=0,62 < Ftabel= 3,14).

Keywords

model kooperatif tipe TGT; metode eksperimen; metode demonstrasi; kemampuan kognitif; aktivitas belajar siswa

References

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Sainifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. (2012). Srategi Belajar Mengajar Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mnegajar : Teknik Penyajian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. (2015). Cooperative Learning in Schools. Journal of International Encyclopedia of the Social & Behavioral Science. 4 (2): 881- 886.

Sriani. (2010). Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kreativitas Siswa (Studi Kasus pada Materi Listrik Dinamis Kelas X Semestre 2 SMA Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2009/2010). Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Suparno, Paul. (2009). Kajian Kurikulum Fisika SMA/ MA Berdasarkan KTSP. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu . Jakarta: Bumi Aksara.

Veloo, A. & Chairhany, S. (2013). Fostering Students’ Attitudes and Achivement in Probability Using Teams Games Tournamnets. Journal of Procedia Social and Behavioral Science. 93 (3): 56-94.

Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme Teori plikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung : Alfabeta.

Widhy, P. (2012). Learning Cycle Sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran Sains yang Bermakna. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, hlm.1-7. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Zulaikha, Ulfah. (2007). Eksperimentasi pembelajaran TGT (Teams Games Tournamnets) pada Pokok Bahasan Fungsi Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.