Implementasi Projects Based Learning Pada Pokok Bahasan Titik Berat di Kelas XI SMA

Nanik Ismarjiati, Ishafit Ishafit

Abstract

Dalam Pokok Bahasan Titik Berat di kelas XI SMA, siswa banyak mengalami kesulitan untuk mengkonkretkan pemahaman konsep fisis dalam menghitung koordinat titik berat apalagi untuk bangun geometris yang letak titik beratnya di luar benda menjadi abstrak bagi siswa. Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan media layang-layang dipilih karena mencakup pencapaian kompetensi kognitif, ketrampilan, dan aktivitas peserta didik secara kreatif dalam menghasilkan produk sederhana, meneliti, menganaisis hasil karyanya, sehingga diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembahasan berlandaskan pada Teori perkembangan kognitif Piaget dengan Model PBL, dan formulasi untuk menentukan koordinat Titik berat Z0 (X0 ; Y0) benda serta menunjukkan Ciri-ciri Kemampuan Berpikir Kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode desain Eksperimen dengan cara Kuantitatif Eksperimen Semu ( Quasi Eksperimen ), melalui Uji Statistik Metode Univariate dan Metode Analyzing Change/Gain Score untuk menentukan pemahaman siswa bidang kognitif dan menentukan signifikansinya, dan penilaian ketrampilan berpikir kritis menggunakan lembar Penilaian Ketrampilan yaitu Penilaian Produk dan Penilaian Penugasan. Penilaian kognitif dilakukan oleh guru sedang Penilaian berpikir kritis dilakukan oleh guru dan teman sebaya. Hasil dari penelitian ini pemahaman konsep naik signifikan sebesar 44,08% pada kategori Cukup dan ketrampilan berpikir kritis meningkat 60% pada peringkat Sangat Kritis.

Keywords

PTK; AIR (Auditory, Intellectually, And Repetition); Berpikir Kritis

References

Buck Institute for Education, Introduction to Project Based Learning. [On line]

Budiman,Agus & Jaelani. (2015). Developing an assesment instrument of higher order thingking skill (HOTS) in mathematics for junior high school grade VIII semester 1. Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education of Mathematics And Sciences 2015, Yogyakarta State University, 17-19 May 2015.

Clark, Hope. (2015). Breaking new ground building a national workforce skills credentialling system. ACT Working Paper Series.

Ennis, H.R. (1993).Critical thinking assesment. Ohio 1993. Theory into Practice.Volume 32, number 3.

Ennis, H.R. (2011). The nature of critical thinking : An outline of critical thinking dispositions and abilities.

Giancoli, Douglas C. Fisika (Edisi Kelima). Jakarta; Penerbit Erlangga.

https://media.neliti.com/media/publications/176843- ID-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis- m.pdf

https://ninamath.wordpress.com/2017/01/12/teori- belajar-jean-piaget/

Ishafit, dan M.Toifur. (2011). S.Astuti. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) Dengan Pendekatan Kontruktivis Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan & Penerapan MIPA.

Kanginan, Marthen. (2002). Fisika untuk SMA Kelas XI 2B KTSP 2006. Jakarta; Penerbit Erlangga

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Modul Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Modul Pelatihan Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud.

Markham, T. (2003). Project-Based Learning Handbook (2nd ed). Novato, CA: Buck Institute for Education

Nugroho,Arifin.R. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal- soal).Jakarta; PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo)

Santrock, J.W. (2014). Psikologi Pendidikan : educational psychology. ( Edisi 5), buku 23. (Terjemahan Harya Bhimasena) New York: Mc.Graw-Hill (Buku asli terbit tahun 2011).

Stobaugh, R. (2013). Assesing critical thinking in middle and high schools meeting the common core. New York : Routledge.

Sulisworo,D & Ermayanti,E. (2016). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Divisions (STAD) Pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). (PDF) uad.ac.id.

Sulisworo,D. (2010). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. PT Sindur Press.

Sutrisno. (1984). Seri Fisika : Fisika Dasar Mekanika. (Cetakan kelima) : Penerbit ITB 1977.

Zemansky, Mark W & Sears, Francis Weston (1991). Fisika untuk Universitas 1 Mekanika, Panas dan Bunyi. (Saduran bebas Ir.Soedarjana, Drs.Amir Achmad), Jakarta; Penerbit Erlangga.

Stobaugh, R. (2013). Assesing critical thinking in middle and high schools meeting the common core. New York : Routledge.

Sulisworo,D & Ermayanti,E. (2016). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Divisions (STAD) Pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). (PDF) uad.ac.id.

Sulisworo,D. (2010). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. PT Sindur Press.

Sutrisno. (1984). Seri Fisika : Fisika Dasar Mekanika. (Cetakan kelima) : Penerbit ITB 1977.

Zemansky, Mark W & Sears, Francis Weston (1991). Fisika untuk Universitas 1 Mekanika, Panas dan Bunyi. (Saduran bebas Ir.Soedarjana, Drs.Amir Achmad), Jakarta; Penerbit Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.