Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPAS tentang Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Kalirancang

Mumayizah Mumayizah, Muhamad Chamdani

Abstract

Pendidikan yang efektif membutuhkan perencanaan dan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Kalirancang melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan tiga siklus, dengan melibatkan guru dan siswa kelas V SDN 3 Kalirancang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes, dengan validitas menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan penerapan model PjBL oleh guru dari 70,37% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus III, serta oleh siswa dari 68,51% menjadi 87,96%. Kreativitas siswa meningkat dari 69,83% pada siklus I menjadi 87,22% pada siklus III. Ketuntasan hasil belajar IPAS juga mengalami peningkatan, dari 65,21% pada siklus I menjadi 86,95% pada siklus III. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPAS tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh pada siswa kelas V SDN 3 Kalirancang.

Keywords

Project Based Learning, Creativity, Learning Outcomes, Social and Natural Science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.