Peningkatan Profil Pelajar Pancasila dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Based Learning dengan Media Konkret Mata Pelajaran IPAS Tentang Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas IV SD

Alva Nurul Faizah, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Kurikulum Merdeka berusaha membentuk Profil pelajar Pancasila dalam upaya meningkatkan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan model guided inquiry based learning dengan media konkret, meningkatkan profil pelajar Pancasila dan hasil belajar IPAS, serta mendekripsikan kendala dan solusi. Jenis penilitian yang digunakan, yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas IV SDN 3 Sitiadi. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan penerapan model guided inquiry based learning dengan media konkret dengan langkah orientasi dan memperkenalkan media konkret, merumuskan masalah, membuat hipotesis disertai menjelaskan penggunaan media konkret, mengumpulkan data disertai tanya jawab menggunakan media konkret, analisis data dan dan menyimpulkan menunjukkan peningkatan profil pelajar Pancasila, dibuktikan dengan rata-rata hasil observasi siklus 1=74,98%,siklus II=84,59%, siklus III=91,57% . Peningkatan terjadi pula pada hasil belajar IPAS pada siklus I= 70,83%, siklus II=87,49%, siklus III=91,66%. Kendala yang timbul meliputi pemahaman, inisiatif,kekondusifan, keaktifan, dan motivasi. Kesimpulan, model guided inquiry based learning dengan media konkret dapat meningkatkan profil pelajar Pancasila dan hasil belajar mata pelajaran IPAS tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 3 Sitiadi tahun ajaran 2024/2025. 

Keywords

Guided inquiry based learning, concrete media, IPAS learning outcomes, Pancasila learner profile, changes in the form of objects

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.