Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan merupakan proses penyaluran ilmu pengetahuan dan berperan penting terhadap pembentukan moral dan spiritual pelajar. Salah satunya melalui Implementasi profil pelajar Pancasila dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia di SD Negeri 2 Tanahsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan kelima elemen dimensi beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia yang meliputi akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara telah diimplementasikan di SD Negeri 2 Tanahsari. Penerapan dimensi beriman, bertakwa dan berakhlak mulia di SD Negeri 2 Tanahsari dilakukan melalui pembiasaan salat duha, pembiasaan salat zuhur berjamaah, pembiasaan Asmaul Husna, kegiatan kajian pagi, kegiatan Jumat bersih, program dokter kecil, dan upacara memperingati hari besar nasional.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.