Hubungan antara Kemampuan Komunikasi Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus Sunan Giri Kecamatan Demak Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Guru yang interaktif dan bisa menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan siswa dapat membangun suasana belajar yang menyenangkan sehingga menumbuhkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan komunikasi guru dengan minat belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh dari hasil menyebarkan kuisioner kepada siswa kelas V SDN Gugus Sunan Giri yang berjumlah 153 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi guru dengan minat belajar siswa dengan nilai rhitung 0,638, lebih besar dari nilai rtabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan N=153, yakni sebesar 0,1562. Hal ini mengindikasikan bahwa Ha dapat diterima, menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan komunikasi guru dengan minat belajar siswa di kelas V. Berdasarkan nilai koefisien korelasi 0,638, hubungan ini tergolong dalam kategori yang kuat, menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru dengan minat belajar siswa di kelas V SDN Gugus Sunan Giri Kecamatan Demak, Kabupaten Demak Simpulan penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru dengan minat belajar siswa kelas V SDN Gugus Sunan Giri Kecamatan Demak.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.