Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN Gunungpring 4 Magelang Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi tertulis sering mengalami kesalahan ejaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada karangan narasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis konten dan pendekatan deskriptif metode kualitatif. Subjek berjumlah 7 peserta didik. Data penelitian berupa hasil analisis kesalahan ejaan. Sumber data berasal dari peserta didik, guru, dan dokumen karangan. Teknik pengumpulan data melalui analisis dokumen, wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Serta teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan penggunaan huruf sebanyak 45 kali. Kesalahan penulisan kata sebanyak 23 kali. Kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 49 kali. Kesalahan penulisan unsur serapan sebanyak 1 kali. Penyebab kesalahan tersebut karena kurangnya pemahaman peserta didik terhadap ejaan, kebiasaan menulis informal, ketidaktelitian, dan pengaruh bahasa daerah. Simpulan penelitian ini adalah adanya kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada karangan narasi peserta didik kelas V SDN Gunungpring 4 dan faktor penyebab yang terjadi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.