Kemitraan Keluarga dan Sekolah dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemitraan keluarga dan sekolah dalam menanamkan karakter tanggung jawan anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomologi pada siswa kelas V MI Sultan Agung Peniron, Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman and Saldana yang terdiri dari tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergitas antara keluarga dan sekolah dalam menanamkan karakter tanggung jawab telah berjalan dengan baik; beberapa strategi yang dapat digunakan dalam menanamkan karakter tanggung jawab baik di rumah dan di sekolah adalah dengan keteladanan dan pembiasaan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.