Pelaksanaan Program Full Day School sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar

Pujiati Pujiati, Sudadi Sudadi, Benny Kurniawan, Eliyanto Eliyanto, Muna Fauziah

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pelaksanaan program full day school sebagai Upaya peningkatan mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Al Hikmah Sempor. Desain penelitian studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Seluruh stakeholder sekolah menjadi partisipan penelitian. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data diuji keabsahannya melalui teknik triangulasi. Data dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan Kesimpulan. Temuan penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan program full day school telah dilakukan melalui beberapa program, yaitu kesiswaan, kurikulum dan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, keuangan dan pembiayaan, sarana dan prasarasana, peran masyarakat dan kemitraan, budaya dan lingkungan sekolah, serta perencanaan manajemen. Setiap program telah meraih rata-rata pencapaian yang maksimal, kecuali program keuangan dan pembiayaan terfokus pada pengelolaan keuangan dengan pemerintah, swasta, dan DUDI. Temuan ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan program full day school di SD Al Hikmah Sempor telah berjalan dengan maksimal.

Keywords

Full Day School; pelaksanaan; sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.