Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Inovasi teknologi mampu memfasilitasi model dan media pembelajaran anak usia dini. Tujuan menganalisis filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan anak usia dini. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka. Analisis penelitian menggunakan analisis konten. Hasil kajian penelitian: (1) filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara relevan dengan implementasi muatan Kurikulum Merdeka, (2) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan anak usia dini relevan dengan peningkatan pendidikan nilai-nilai agama, budi pekerti, dan jati diri untuk anak usia dini. Simpulan filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara relevan sebagai landasan yang kuat untuk implementasi Kurikulum Merdeka yang memadukan kekayaan warisan budaya kearifan lokal dengan model pembelajaran modern untuk peningkatkan karakter anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.