Analisis Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Berbasis Teknologi Pada Pendidikan Dasar

Reka Julianti, Effy Mulyasari, Deri Hendrawan, Yunita Puji Asih, Rani Citra Mutia Bakti

Abstract

Pentingnya pengembangan media dan sumber belajar berbasis teknologi tidak hanya terkait dengan peningkatan hasil belajar, tetapi juga relevansi pendidikan di era digital. Penelitian ini menganalisis pengembangan media dan sumber belajar berbasis teknologi pada pendidikan dasar, dengan fokus pada peran media dalam mendukung pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis secara komprehensif temuan dan studi mengenai pengembangan media dan sumber belajar berbasis teknologi pada pendidikan dasar. Penelitian ini merupakan Tinjauan Literatur Sistematis (Systematic Literature Review) menggunakan pendekatan bibliometrik, dengan mengeksplorasi artikel-artikel yang dipublikasikan antara 2014-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis teknologi, seperti aplikasi interaktif dan media audio-visual, dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah pemahaman materi, dan memberikan fleksibilitas pembelajaran. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan perangkat, keterampilan guru yang belum optimal, dan infrastruktur yang kurang memadai. Oleh karena itu, perlu ada peningkatan pelatihan guru dan penyediaan perangkat yang lebih baik untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dasar.

Keywords

media pembelajaran; sumber belajar; teknologi; pendidikan dasar; bibliometrik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.