Strategi Guru dalam Mengatasi Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar menghadirkan tantangan, seperti kurangnya pelatihan guru, keterbatasan fasilitas, dan rendahnya akses terhadap sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang dipilih adalah tinjauan literatur sistematis dengan menganalisis 75 artikel dari database Scopus dan Google Scholar yang terpublikasi periode 2014-2024. Hasil menunjukkan bahwa guru menghadapi kendala dalam menyusun perangkat ajar, memanfaatkan teknologi, serta melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Namun, mereka mengatasi tantangan ini dengan mengikuti pelatihan intensif, berkolaborasi dalam komunitas belajar, dan menciptakan media pembelajaran inovatif. Kesimpulannya, strategi ini efektif dalam mengurangi hambatan implementasi Kurikulum Merdeka, meskipun dukungan kebijakan dan sumber daya masih diperlukan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.