Analisis Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Teks Cerita Pendek pada Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 5 dan 6 SD Kurikulum Merdeka
Abstract
Profil Pelajar pancasila penting ditanamankan kepada peserta didik sejak usia dini, salah satu media penanamannya menggunakan teks cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi Profil Pelajar Pancasila yang terkandung di dalam teks cerita pendek pada Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 5 dan 6 SD Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keseluruhan dimensi Profil pelajar Pancasila telah muncul dalam 8 teks cerita pendek yang terdapat pada buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 5 dan 6 SD Kurikulum Merdeka. Dari keenam dimensi tersebut, dimensi yang muncul paling banyak adalah dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia, sedangkan dimensi kreatif merupakan dimensi yang paling sedikit kemunculannya dalam teks cerita pendek. Oleh karena itu, teks cerita pendek ini cocok digunakan sebagai sarana menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik, khususnya Profil Pelajar Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.