Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata (Vocabulary) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Metode Running Dictation Game Kelas IV

Mohamad Agus Salim, Rantia Sektiarti, Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas, Dindin Ridwanuddin

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui peningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui penerapan metode running dictation game siswa kelas IV MI At-Taqwa 51. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV C di MI At-Taqwa 51 yang berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitattif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pembelajaran kosakata Bahasa Inggris dengan menggunakan metode running dictation game dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas IV C di MI At-Ataqwa 51. Penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas IV C di MI At-Taqwa 51 mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Ketuntasan pada prasiklus sebesar 20,42% dengan kriteria Belum Berkembang. Ketuntasan siswa meningkat pada siklus I menjadi 52,63% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Pada siklus I ini belum memenuhi Indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan dari ketuntasan siswa menjadi 81,71 % dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Pada hasil tes tulis dan lisan siswa mampu menguasai kosakata Bahasa Inggris dengan baik, meliputi kemampuan menuliskan, melafalkan, dan menerjemahkan kosakata dengan benar.

Keywords

Penguasaan Kosakata, Metode Running Dictation Game

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.