Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Kegiatan Pembiasaan Berdoa di TK Negeri 1 Brang Ene
Abstract
Program stimulasi untuk mengembangkan kecerdasan spiritual pada anak dapat dilakukan melalui program pembiasaan berdoa agar anak-anak dapat menginternalisasi suatu kegiatan melalui kegiatan spontan berupa pengawasan prilaku anak, melalui pemberian penguatan, dan penghargaan untuk memotivasi anak dalam melakukan berbagai kegiatan keagamaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecedasan spiritual anak usia dini melalui metode pembiasaan berdoa di TK Negeri 1 Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Pada penelitian ini terdapat II siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tentang meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini melalui metode pembiasaan bedoa, dapat disimpulkan bahwa pada tindakan siklus I terdapat 6 anak mulai berkembang (MB). Dan pada tindakan siklus II anak yang berkembang sangat baik (BSB) terdapat 13 anak. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode pembiasaan berdoa dikatakan berhasil untuk meningkatkan kecerdasan spiritual anak.
Keywords
Spiritual Intelligence, Prayer Habituation Method, Children
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.