Penerapan Strategi Arcs Flip Classroom Menggunakan Nearpod dalam Peningkatan Motivasi Belajar dan Efikasi Diri Siswa
Abstract
Pembelajaran yang efektif membutuhkan motivasi belajar dan efikasi diri peserta didik yang tinggi. Berdasarkan hasil pengukuran, 18 orang peserta didik (54,6%) mempunyai motivasi rendah dan sangat rendah serta 16 orang peserta didik (51,5%) mempunyai efikasi diri rendah dan sangat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri peserta didik XI TKP SMKN 5 Surakarta dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi ARCS Flip Classroom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini meliputi guru, peserta didik, dan dokumen kegiatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ARCS Flip Classroom dapat meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri. Hasil pengukuran motivasi belajar dari hasil angket sebelum diberi tindakan atau pra siklus sebesar 45,5%, kemudian meningkat menjadi 75,8% di siklus II. Hasil pengukuran efikasi diri sebelum diberi tindakan atau pra siklus sebesar 48,5%, kemudian meningkat menjadi 78,8% di siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan strategi ARCS terdiri 4 komponen utama yaitu attention, relevance, confidence, dan satisfation. Sedangkan strategi Flip Classroom dengan tipe Mastery Flipped terdiri dari 5 komponen yaitu materi pembelajaran pra kelas, aktivitas di luar kelas, diskusi di kelas, aktivitas pemahaman mendalam, dan evaluasi serta umpan balik.
Keywords
Motivasi belajar, efikasi diri, ARCS flip classroom
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.