Ecopreneur: Modul Ajar IPAS Fase C Materi Ekonomi Kreatif Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) untuk Menunjang Ketercapaian SDGs 12 Responsible Consumption and Production
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penerapan Education for Sustainable Development dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar pada materi ekonomi kreatif berbasis ESD untuk menunjang ketercapaian SDGs 12 Responsible Consumption and Production. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D) dengan empat tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. Teknik pengumpulan dilakukan dengan validasi ahli. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul ajar yang memfasilitasi perkembangan pada aspek kognitif, socio-emotional dan behavioral pada materi ekonomi kreatif. Hasil validasi modul ajar ini dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar IPAS fase C materi ekonomi kreatif berbasis ESD dapat menunjang ketercapaian SDGs 12 Responsible Consumption and Production yang dapat digunakan di Sekolah Dasar (SD).
Keywords
Creative Economy; IPAS; ESD
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.