Ecopreneur: Modul Ajar IPAS Fase C Materi Ekonomi Kreatif Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) untuk Menunjang Ketercapaian SDGs 12 Responsible Consumption and Production

Linda Munawarti, Ai Siti Komala Sapari, Intan Tri Agustin, Nadiya Khairunnisa Yusuf, Mela Darmayanti

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penerapan Education for Sustainable Development dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar pada materi ekonomi kreatif berbasis ESD untuk menunjang ketercapaian SDGs 12 Responsible Consumption and Production. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D) dengan empat tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. Teknik pengumpulan dilakukan dengan validasi ahli. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul ajar yang memfasilitasi perkembangan pada aspek kognitif, socio-emotional dan behavioral pada materi ekonomi kreatif. Hasil validasi modul ajar ini dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar IPAS fase C materi ekonomi kreatif berbasis ESD dapat menunjang ketercapaian SDGs 12 Responsible Consumption and Production yang dapat digunakan di Sekolah Dasar (SD).

Keywords

Creative Economy; IPAS; ESD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.