Penerapan Metode Montessori dengan Media Moveable Alphabet untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Rifda Aulia Rahmawati, Tri Saptuti Susiani, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis permulaan merupakan kemampuan awal yang wajib dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode Montessori berbantuan media moveable alphabet; (2) meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan; (3) menjelaskan respon siswa dalam penerapan metode Montessori berbantuan media moveable alphabet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas I SD Negeri 1 Kalibagor. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Montessori berbantuan moveable alphabet dilaksanakan dengan tahap: (a) pengenalan identitas; (b) pengenalan sesuatu yang berbeda; dan (c) perbedaan dan pengulangan. (2) melalui penerapan metode Montessori berbantuan media moveable alphabet keterampilan membaca permulaan siswa meningkat dengan hasil pada siklus I=68,75%, siklus II=84,37%, dan siklus III=100%.  Keterampilan menulis permulaan meningkat dengan hasil pada siklus I=78,12%, siklus II=86,87%, dan siklus III=92%. (3) respon siswa dalam penerapan metode Montessori berbantuan media moveable alphabet menunjukkan hasil respon positif, seperti merasa senang, menunjukkan sikap sopan, rasa ingin tahu, dan sudah terdapat motivasi belajar pada diri siswa yang mengalami peningkatan setiap siklusnya.

Keywords

Membaca Permulaan, Menulis Permulaan, Metode Montessori, Moveable Alphabet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.