Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Penerapan Media Pembelajaran Flashcard pada Siswa Kelas IV

Yosua Adven Theo, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Ngatman Ngatman

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan langkah penerapan media pembelajaran flashcard, meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris tentang transportations melalui penerapan media pembelajaran flashcard, dan mendeskripsikan kendala dan solusi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dilaksanakan dengan langkah-langkah: (1) mengelompokkan siswa, (2) implementasi media dalam pembelajaran, (3) membimbing siswa, dan (4) presentasi. Penggunaan media flashcard meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris materi transportations terbukti dengan peningkatan hasil penilaian aspek penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa siklus I = 75,56%, siklus II = 84,24%, dan siklus III 92,08%. Kendala yang ada yaitu: (1) siswa kurang fokus dalam pembelajaran, (2) siswa kurang kondusif dalam pembelajaran, dan (3) siswa pasif dalam bertanya jawab. Solusi dari kendala yang ada yaitu: (1) mengarahkan siswa untuk lebih fokus saat belajar, (2) menetapkan peraturan yang disepakati bersama, dan (3) memotivasi siswa dan memberikan penguatan herbal melalui pujian. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris tentang materi transportations.

Keywords

flashcard learning media, vocabulary mastery, English language

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.