Model Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPAS Materi Perubahan Bumi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia; (2) meningkatkan keterampilan proses sains; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pembelajaran. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif dengan subjek guru dan siswa SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2023/2024. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia melalui langkah-langkah yaitu orientasi masalah dengan multimedia, merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data dengan multimedia, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan yang meningkat dari siklus I hingga siklus III dengan persentase 78,24%, 87,27%, dan 92,82%; (2) penerapan model inkuiri terbimbing meningkatkan keterampilan proses sains berdasarkan persentase siklus I hingga siklus III yaitu 79,79%, 87,92%, dan 91,25%; (3) kendala berupa siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga solusi perlu pemberian stimulus dan pembimbingan siswa. Dapat disimpulkan penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.