Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Dengan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Infografis

Nurul Aliyah, Anda Juanda, Evi Roviati

Abstract

Pembelajaran biologi dengan berlandaskan pada pembelajaran berbasis project dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menghadapi perkembangan teknologi dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kreativitas pada siswa dalam penerapan model PjBL berbantuan infografis pada materi sistem respirasi manusia. Penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Quasi eksperimental design. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon dengan populasi kelas XI yang berjumlah 103 siswa dan sampel kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah masing-masing 33 siswa. Teknik pengumpulan yaitu observasi,tes dan angket. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model PjBL berbantuan infografis dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan sangat efektif, terdapat perbedaan peningkatan keterampilan kreativitas yang signifikan antara siswa yang diterapkan model PjBL berbantuan infografis dengan siswa yang tidak diterapkan model PjBL berbantuan infografis. Hal ini dapat diketahui pada nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,67 dan kelas kontrol 0,39 dengan hasil uji hipotesis 0,000 < 0,050 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat peningkatan keterampilan kreativitas siswa, respon siswa terhadap penerapan PjBL berbantuan infografis menunjukkan kriteria kuat.

Keywords

Project Based Learning (PjBL), Infografis, Kreativitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.