Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika tentang Data pada Siswa Kelas V SD

Nawang Setiasih, Suhartono Suhartono, Ratna Hidayah

Abstract

Project based learning (PjBL) menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi aktivitas dan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika tentang data pada siswa kelas VB SD Negeri Jemur Pejagoan tahun ajaran 2023/2024 melalui model PjBL serta mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model PjBL. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V B SD Negeri Jemur. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan model PjBL yang diterapkan dengan enam langkah yaitu menentukan pertanyaan dasar yang berkaitan dengan proyek; merencanakan proyek; menyusun jadwal; memantau pengerjaan proyek; penilaian proyek; evaluasi proses dan hasil proyek menunjukkan bahwa persentase aktivitas pada siklus I sebesar 73,89% dan siklus II sebesar 87,22%. Adapun persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I = 70,84% dan siklus II = 87,5%. Aktivitas dan hasil belajar yang meningkat terjadi karena guru menerapkan langkah model PjBL dengan baik dan siswa yang antusias mengikutinya. Kendala yang ditemukan yaitu: (1) konsentrasi siswa masih mudah teralihkan; (2) siswa yang bertanya maupun menjawab pertanyaan masih siswa yang sama;; Solusi yang diterapkan yaitu: (1) guru menyiapkan banyak tepuk atau sesuatu yang membuat siswa kembali konsentrasi seperti memanggil seluruh siswa “halo”, tepuk satu, suara ular dan sebagainya, selain itu guru selalu mengingatkan siswa untuk memperhatikan dengan cara mendekati siswa yang sedang bergurau dengan temannya; (2) guru memberikan pertanyaan pada siswa yang belum mendapat kesempatan menjawab, pertanyaan yang disampaikan berkaitan dengan materi dan menunjuk siswa yang kurang aktif untuk menjawab; Penerapan model PjBL dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dan siswa memperoleh pengalaman belajar Matematika yang bermakna sehingga dapat dijadikan referensi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa.

Keywords

PjBL, aktivitas belajar, hasil belajar Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.