Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat pada Pembelajaran IPAS Melalui Model Pembelajaran Time Token pada Siswa Sekolah Dasar

Bagas Riyadi, Muhamad Chamdani, Rokhamaniyah Rokhamaniyah

Abstract

Kemampuan mengemukakan ide, gagasan atau pendapat merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Time Token dan menganalisis pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik kelas V di SDN 3 Klapasawit.. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Klapasawit. Data yang digunakan berupa kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, analisis dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi penerapan model pembelajaran Time Token terhadap guru pada siklus I dengan persentase 79%, siklus II dengan persentase 85%, dan siklus III dengan persentase 91%. Hasil observasi penerapan model Time Token terhadap siswa pada siklus I yaitu 77%, siklus II sebesar 82%, dan siklus III sebesar 87%. Peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat diperoleh dari hasil observasi kemampuan mengemukakan pendapat pada siklus I sebesar 75,5%, siklus II dengan persentase 83,5%, dan siklus III dengan persentase 85%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model Time Token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Time Token, Kemampuan berpendapat, IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.