Efektivitas E-modul Berbasis Problem Based Learning dalam Keterampilan Berpikir Kritis Materi Bangun Datar

Tanti Ratna Wulandari, Sri Wahyuni, Suparti Suparti

Abstract

Penggunaan e-modul berbasis problem based learning menjadi salah satu jawaban dalam menghadapi tantangan digital dan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan one group posttest only design yang menguji efektivitas e-modul berbasis PBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis materi bangun datar pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IVA (25 siswa) dan IVB (22 siswa) SDN Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket respon pengguna yang kemudian dianalaisis dengan one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis problem based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Siswa dan guru menilai bahwa e-modul berbasis problem based learning praktis dan cukup efektif karena memiliki fitur-fitur digital yang mendorong sikap belajar positif bagi penggunanya.

Keywords

Critical thinking skills, mathematics, problem based learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.