Investigating The Perception of Learning Calculus towards Learning Outcomes of Information Engineering and Information Systems Students
Abstract
Kalkulus sering dianggap sebagai salah satu mata kuliah yang menantang bagi mahasiswa di beberapa program studi. Tantangan tersebut tidak hanya berkaitan dengan kompleksitas materi, tetapi juga dengan persepsi individu terhadap kemampuan mereka dalam memahami dan menguasai konsep-konsep kalkulus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki korelasi persepsi mahasiswa dengan hasil belajar mereka yang membuat pengajar dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa dan merancang pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman mereka terhadap materi kalkulus. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian dilaksanakan selama satu semester pada 58 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa Teknik Informatika dan Sistem Informasi di Universitas Banten Jaya. Hasil angket persepsi mahasiswa secara keseluruhan sebesar 67,64% termasuk ke dalam kategori kuat. Hasil belajar Kalkulus mahasiswa diambil dari hasil UAS Kalkulus mahasiswa yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan, hubungan persepsi mahasiswa terhadap Kalkulus dengan hasil belajar Kalkulus dianalisis menggunakan uji Spearman’s rho berada pada kategori rendah (0,327). Kesimpulan yang dapat diambil yaitu sebesar 8,6% (uji koefisien determinasi) hasil belajar Kalkulus mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa, sedangkan 91,40% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.