Sustainable English Audio Vocabulary (SEA-V) to Improve English Learning Outcomes of Visually Impaired Students
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa tunanetra kelas XI melalui penggunaan media Sustainable English Audio Vocabulary (SEA-V). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen tipe one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah 4 siswa kelas XI SLBN Tasikmalaya. Subjek diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan tujuan agar sampel yang diambil sesuai dengan tujuan penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan uji mean dan Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas XI setelah digunakannya media SEA-V dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor pre-test 55 dan skor post-test 82,5 atau rata-rata peningkatan sebesar 27,5. Hasil uji gain menunjukkan skor sebesar 0,61 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kriteria sedang dan menunjukkan bahwa media SEA-V cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa tunanetra. SEA-V terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa tunanetra.
Keywords
Sustainable English Audio Vocabulary, SEA-V, learning outcomes, English, Visually Impaired students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.