Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Berkebhinekaan Global Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Flashcard pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD
Abstract
Sikap saling menghargai perbedaan harus ditanamkan sejak dini kepada anak yang dapat dimulai sejak anak berada di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek berkebhinekaan global melalui model CTL dengan media flashcard pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 2 Karangsari. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsari sebanyak 19 siswa. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat peningkatan penerapan model CTL dengan media flashcard terhadap aspek berkebhinekaan global siswa dari siklus I sampai siklus III yang terjadi karena adanya refleksi peneliti dengan guru di akhir, sehingga disimpulkan bahwa model CTL dengan media flashcard dapat meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek berkebhinekaan global siswa kelas IV SDN 2 Karangsari.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.