Peningkatan Kepedulian Lingkungan Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Media Game Online Pada Siswa Sekolah Dasar

Nathania Janani Haryanto, Kartika Chrysti Suryandari, Ratna Hidayah

Abstract

Pendidikan di Indonesia diharapkan tidak hanya mengembangkan kemampuan intelektual siswa, namun juga dibina dalam hal pengembangan keterampilan dan karakter, terutama dalam hal kepedulian lingkungan. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online, meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode tindakan kelas, dengan subjek peserta didik kelas III SD Negeri 2 Jatisari dan guru kelas III. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui non tes dengan observasi, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online mampu meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik kelas III SD Negeri 2 Jatisari, sehingga penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Keywords

environment-based learning, online game, environmental awarenes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.