Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Modeling The Way dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Klapasawit Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Banyak siswa yang belum hafal aksara Jawa serta belum memahami penempatan sandhangan aksara Jawa sehingga mereka kesulitan untuk menulis aksara Jawa yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan modelling the way dengan media flashcard; meningkatkan motivasi menulis aksara Jawa; dan meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa. Penelitian tindakan kelas kolabratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Klapasawit. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan modelling the way dengan media flashcard dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) pembentukan kelompok (b) penjelasan guru dengan media flashcard, (c) pemberian topik kepada setiap kelompok, (d) diskusi kelompok, (e) demonstrasi hasil diskusi, dan (f) refleksi, kesimpulan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi siswa menulis aksara Jawa melalui modelling the way dengan media flashcard yaitu rata-rata persentase siklus I sebesar 60.29%, siklus II sebesar 75.22%, dan siklus III sebesar 82.7%. Kemudian terjadi peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa melalui modelling the way dengan media flashcard yaitu rata-rata persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 73.23%, siklus II sebesar 83.01%, dan siklus III sebesar 88.05%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan melalui modelling the way dengan media flashcard dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas V SD Negeri 1 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.