Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Tentang Hak dan Kewajiban pada Siswa Kelas III
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model PBL dengan media AR, (2) meningkatkan hasil belajar PPKn tentang hak dan kewajiban melalui penerapan model PBL dengan media AR, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model PBL dengan media AR. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 3 Tamanwinangun. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data terdiri dari instrumen observasi, wawancara, dan tes evaluasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat lima langkah penerapan model PBL dengan media AR (2) persentase hasil belajar siswa pada siklus I = 76,19%, siklus II = 83,33%, dan siklus III = 90,48%, (3) kendala yang ditemui yaitu siswa belum aktif dalam tanya jawab dan menanggapi kelompok lain. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning dengan media Augmented Reality dapat meningkatkan hasil belajar PPKn tentang Hak dan Kewajiban pada siswa kelas III SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.