Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Karya Seni Rupa dengan Pemanfaatan Barang Bekas
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model project based learning, meningkatkan kreativitas siswa dalam karya seni rupa dengan pemanfaatan barang bekas, serta dampak penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam peneltian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 3 Tamanwinangun yang dikumpulkan dengan teknik nontes berupa observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan presentase kreativitas siswa dengan aspek fleksibilitas, originalitas, elaborasi dan flunsi pada siklus I= 76,09% siklus II= 85,03% dan siklus III= 91,32% penerapan model Project Based Learning juga berdampak pada hasil belajar siswa. 3. Penerapan model Project Based Learning berdampak pada hasil belajar siswa pada aspek kognitif kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024 yang terlihat dari peningkatan hasil belajar pada materi pemanfaatan barang bekas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.