Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri I Klapasawit Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan model NHT dengan media konkret dan meningkatkan pembelajaran Matematika materi pecahan. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari guru, peserta didik kelas III SDN 1 Klapasawit. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian penerapan model NHT dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran Matematika materi pecahan melalui langkah-langkah (1) penyampaian tujuan dan menyiapkan peserta didik; (2) menyampaikan materi pembelajaran; (3) pemberian kuis individu; (4) pembuatan kelompok dan penomoran; (5) pengajuan pertayaan; (6) berpikir bersama (head together); (7) pemberian jawaban; (8) kesimpulan. Persentase rata-rata hasil belajar siklus I = 82,8%, siklus II = 88,4%, siklus III = 96,2%. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model NHT dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika materi pecahan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.