Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Pendekatan Berdiferensiasi Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di Sekolah Dasar Penggerak Kota Bengkulu

Rabiah Tusa'Idah, Neza Agusdianita, Yusnia Yusnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis problem based learning terintegrasi pendekatan berdiferensiasi pada materi keliling dan luas bangun datar terhadap hasil belajar peserta didik. Metode riset yang digunakan yakni metode eksperimen semu (Quasy Eksperimen) dan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Desain. Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen  menunjukkan bahwasanya nilai thitung dengan memakai Equal Variences Assumed = 3,967 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 serta nilai distribusi ttabel sebesar 1,672, sehingga thitung > ttabel (3,967 > 1,672) dan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.  Data ini menunjukkan bahwasanya terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang disebabkan oleh perlakuan kedua kelas yang berbeda. Berlandaskan hal tersebut bisa disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh pemakaian bahan ajar berbasis problem based learning terintegrasi pendekatan berdiferensiasi pada materi keliling dan luas bangun datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di sekolah dasar penggerak Kota Bengkulu.

Keywords

Bahan Ajar berbasis Problem Based Learning, Pendekatan Berdiferensiasi, Matematika, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.