Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Penggerak di Kota Bengkulu
Abstract
Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi sering kali menimbulkan tantangan pada pelaksanaan pembelajaran di kelas dalam upaya pemenuhan kebutuhan belajar yang beragam sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan latar belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas V di Sekolah Dasar Penggerak Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu, desain penelitian The Matching Only Pretest Posttest Control Gropup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V Sekolah Dasar Penggerk di Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 09 dan SDN 07 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal berbentuk uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan uji-t jenis Independent Samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh thitung (4,584) > ttabel (2,002) dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemahaman siswa.
Keywords
Pendekatan Berdiferensiasi, Kemampuan Pemahaman Matematika, Kurikulum Merdeka
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.