Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajar Matematika tentang Pecahan pada Peserta Didik Kelas II di SD Negeri 1 Gemeksekti Tahun Ajaran 2023/2024

Fatimah Zahro, Wahyudi Wahyudi, Moh. Salimi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan pada peserta didik kelas II di SD N 1 Gemeksekti melalui penerapan model PBL dengan media konkret. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian guru dan peserta didik kelas II. Data yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data teknik nontes yaitu observasi dan wawancara, teknik tes berupa tes tertulis. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada pembelajaran matematika dengan model PBL dan media konkret yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada siklus I = 79,5%, siklus II = 89% dan siklus III = 94%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika pada peserta didik kelas II SD N 1 Gemeksekti tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Mathematics, Problem Based Learning, Pembelajaran matematika, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.