Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Sistem Respirasi Manusia
Abstract
Dewasa ini, Pendidikan erat kaitan-nya dengan perkembangan zaman mengenai teknologi dan keterampilan abad ke-21 yang harus dikuasai oleh setiap siswa, salah satunya yang diamati pada penelitian ini yaitu kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan memecahkan masalah pada siswa yang diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD dengan siswa yang tidak diterapkan model tersebut pada materi sistem respirasi manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Quasi eksperimental design bentuk pretest-posttest control group design. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah 1) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan sangat efektif; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan memecahkan masalah antara siswa yang diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD pada materi sistem respirasi dengan yang tidak; 3) Respon siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD berorientasi masalah menunjukkan kriteria kuat.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.