Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas IV SDN Arjosari Tahun Ajaran 2023/2024

Zahara Nur Oktaviani, Tri Saptuti Susiani, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh setiap manusia agar memiliki tujuan hidup. Tujuan penelitian ini adalah:(1) mendeskripsikan langkah-langkah model CTL menggunakan media konkret; (2) meningkatkan pembelajaran Pendidikan Pancasila materi kerja sama; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemukan. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Arjosari. Teknik triangulasi penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terjadi peningkatan pembelajaran dengan menerapkan model CTL menggunakan media konkret; (2) Persentase ranah afektif siklus I=78,47%, siklus II=89,58%, siklus III=95,06%. Ranah psikomotor siklus I=80,21%, siklus II=86,46%, siklus III=94,79%. Ranah kognitif siklus I=78,50%, siklus II=85,87% dan siklus III=90,53%; (3) kendala yang ditemui yaitu siswa sulit dikondisikan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model CTL menggunakan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Pendidikan Pancasila materi kerja sama pada siswa kelas IV SDN Arjosari tahun ajaran 2023/2024. 

Keywords

Contextual Teaching and Learning (CTL), media konkret, pembelajaran Pendidikan Pancasila, kerja sama

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.