Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Warisan Budaya Nusantara pada Siswa Kelas V

Gayuh Adi Nugroho, Suhartono Suhartono, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Project Based Learning dengan media Pop Up Book; (2) meningkatkan hasil belajar IPAS; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemukan dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Waluyorejo yang berjumlah 25 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model Project Based Learning dengan media Pop Up Book; (2) persentase hasil belajar siswa pada siklus I=72%, siklus II=88%, pada siklus III=96%, dan (3) kendala yang ditemui yaitu siswa belum terbiasa untuk berpendapat dan mempresentasikan hasil karyanya. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Project Based Learning dengan media Pop Up Book mampu meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Project Based Learning Model, Natural and Social Sciences, learning outcomes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.